Rabu, 27 Maret 2013

DEKAN CUP 2013


            BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, mengadakan acara Dekan Cup setiap 2 tahun sekali. Dan pada tahun inilah Dekan Cup 2013 diadakan kembali, tepatnya mulai tanggal 15-17 Maret 2013. Dalam acara ini terdapat berbagai cabang lomba, salah satunya adalah lomba debat bahasa arab dan juga debat bahasa inggris, yang mengkoordinasi cabang lomba tersebut langsung dari UKM Bahasa yang dimiliki Fakultas Tarbiyah yakni UKM LSB (Lembaga Studi Bahasa).


            Untuk lomba debat bahasa arab diselenggarakan pada tanggal 16 Maret 2013 bertempat di gedung Q3, Fakultas Tarbiyah. Setiap HMJ di Fakultas Tarbiyah mengirimkan delegasinya, dengan ketentuan satu kelompok terdiri dari 3 orang. Dalam debat bahasa arab UKM LSB mengundang dua juri dari dosen Bahasa Arab untuk memberikan penilaian dengan beberapa ketentuan untuk semua pesertanya.
            Piala kemenangan dalam final dilakukan di hari itu juga, diperebutkan dari delegasi PBA(Pendidika Bahasa Arab) dan PBI (Pendidikan Bahasa Inggris), keduanya tidak ingin begitu saja dikalahkan oleh lawannya. Mereka mempertahankan argumentasi kelompoknya masing-masing baik dari kelompok pro maupun kontra. Dengan antusias mereka membuat debat semakin menarik. Melalui sumber-sumber yang jelas mereka gunakan untuk mempertahankan argumen dan menjatuhkan argumen lawannya.


            Di hari berikutnya, pada tanggal 17 Maret 2013 dilanjutkan dengan lomba debat bahasa inggris. Tidak kalah seru dengan hari sebelumnya, untuk menuju final para peserta  harus melewati beberapa babak dan akan diambil tiga pemenang di akhir perlombaan. Peserta dalam lomba bahasa inggris perwakilan dari PBA(Pendidika Bahasa Arab), PBI (Pendidikan Bahasa Inggris, PF (Pendidikan Fisika), dan PM (Pendidikan Matematika). Para juri selalu memberikan masukan agar tidak melupakan sumber yang jelas untuk menguatkan argumennya. Meski masih ada rasa nervous dalam diri mereka, itu tidak menjadikan mereka patah semangat. Dan terus melanjutkan sampai akhir perlombaan.
            Pada lomba debat bahasa arab juara pertama diraih  perwakilan dari  PBA, dan  juara keduanya diraih perwakilan dari PBI. Kemenangan memang bukan segalanya tapi hal itu adalah sebuah kebanggaan bagi mereka. Dan untuk lomba debat bahasa inggris juara pertama diraih oleh PBI, juara kedua dari PM, dan juara ketiganya adalah perwakilan dari PF.


            Setelah melewati babak merekalah yang akhirnya menjadi pemenang. Dari pihak juri memberikan pujian bagi mereka, karena tidak hanya PBI saja yang mampu menunjukan kemampuannya dalam berbahasa inggris tapi dari jurusan maupun prodi lain pun mampu menunjukan kemahirannya dalam berbahasa inggris.
            Perlombaan ini bukanlah hanya untuk mencari kemenangan saja tetapi juga ini bisa dijadikan sebagai wahana melatih kemampuan diri mahir berbahasa. Dan pengalaman dalam mengikuti lomba inilah menjadi sebuah acuan untuk lebih meng-improve kemampuan yang dimiliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar